Kamis, 27 Oktober 2016

Bahasa pemograman

        #.pengertian Bahasa Pemograman

                 Pengertian Bahasa Pemrograman - Pernahkah anda mendengar bahasa yang digunakan dalam bahasa komputer??mungkin anda semua pernah mendengar, membaca atau bahkan pernah menulisnya. Bagi yang masih awam alangkah bainya untuk menyimak bacaan berikut ini :
Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan nama bahasa pemrograman (programming language) merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat menengah (Middle level language) dan bahasa tingkat tinggi (high level language).


*SEJARAH SINGKAT BAHASA KOMPUTER*
Berdasarkan catatan sejarah, bahasa komputer mulai dikenal dan dikembangkan orang sejak penemuan komputer digital, yaitu sekitar tahun 1940-an. Pada akhir 1950-an bahasa komputer yang termasuk assembly language mulai dikembangkan seiring dengan munculnya komputer-komputer untuk keperluan komersil.
Salah satu bahasa komputer yang termasuk bahasa komputer pertama adalah Fortran (singkatan dari formula translation). Bahasa komputer ini dibuat oleh John Backus sekitar awal 1950-an hingga awal 1960-an.
Setelah itu, beberapa bahasa komputer lain dengan berbagai penyempurnaan mulai banyak dikembangkan, misalnya COBOL (Common Business Oriented Language) yang dibuat oleh Grace Hopper, LISP (singkatan dari List Processing) yang dibuat oleh John McCarthy.
Di akhir 1960-an, muncul bahasa komputer yang dikenal dengan SIMULA dan selama kurun waktu 1970-an perkembangan bahasa komputer semakin pesat. Pada saat itu beberapa bahasa komputer yang terkenal antara lain ALGOL, BASIC, PASCAL, C, dan Ada.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa komputer juga turut mengalami perkembangan dengan pesat, sehingga bahasa komputer yang ada sekarang ini, seperti JAVA, C++, Visual Basic, Delphi, SQL dan bahasa-bahasa komputer lainnya dapat digunakan dengan mudah oleh programer.

Cukup sampai disini dulu tentang pembahasan bahasa pemograman , terima kasih atas kunjungan anda , sekian wassalamualaikum wr.wb
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Blog Rahmat Nur Hidayat.com

Saya rahmat nur hidayat saya pelajar dari smk rajasa surabaya , semoga anda bisa menerima refrensi dari yang saya berikan ,...
Rahmat Nur Hidayat. Diberdayakan oleh Blogger.

Labels